Senin, 06 Agustus 2012

Cara Sehat Bermain Facebook Di Bulan Ramadhan…

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan ampunan, dan Bulan penuh rakhmat, dimana dalam bulan ini kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa seharian penuh bukan saja puasa dalam artian menahan Lapar dan Haus saja tetapi juga menahan segala bentuk perkataan dan tindakan yang dapat membatalkan puasa, ..kurang lebih seperti itulah perkataan para Ustadz ketika menyampaikan ceramahnya setiap kali membahas tentang Ramadhan..


Berbicara tentang suatu perbuatan dan tindakan, di zaman sekarang ini para kaum muda mudi seringkali disibukkan dengan bergaul di dunia maya, selain On Line untuk mencari pengetahuan dan Tugas Kuliah atau Sekolah juga kebanyakan dari mereka memanfaatkan Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, Blog dll) sebagai ajang untuk saling mengenal, berkomunikasi dengan teman lama, sebagai wadah untuk mengeksiskan diri, tempat berbagi informasi, tempat untuk berdiskusi ataupun bahkan tempat mencari Jodoh..

Sebagian orang merasa enjoy dengan keberadaan Facebook. Tiada hari tanpa membuka laman jejaring sosial ini. Facebook menjadi salah satu hiburan utama mereka dalam kesehari-hariannya. Penulis juga merupakan pengguna FB aktif selama 4 tahun. Minimal 2-3 hari sekali membuka Facebook karena memang Menyenangkan. Namun tak jarang sebagaian pula banyak yang dirugikan, akibat bergaul yang terlalu bebas dan mempercayai orang yang belum terlalu dikenal.

Sehubungan dengan Bulan ini adalah bulan penuh berkah dimana setiap tindakan dan perbuatan kita diharapkan tidak mengurangi nilai pahala, seperti halnya dengan bermain Facebook, berikut neh penulis coba berikan tips- tips agar dalam bermain facebook bisa bermanfaat dan bernilai baik bagi kita dan sesama ;
  1. Facebook itu mainan orang Dewasa. Artinya Dewasa dalam pemikiran dan juga Dewasa dalam umur. Sebaiknya Facebook tidak digunakan anak-anak dibawah umur (sesuai peraturan FB juga). Orang tua cukup sesekali mengenalkan teknologi internet pada anaknya karena tidak ada anak-anak yang membutuhkan sosialisasi dengan menggunakan jaringan seperti Facebook. 
  2.  Jangan menggunakan FB sebagai sarana Narsis dan Lebay. Narsis identik menunjukan sikap berlebihan untuk dihargai,disenangi,dihormati dan dikagumi.. Begitu pula Lebay (berlebihan). Status Facebook yang Lebay menunjukkan penggunanya ingin diperhatikan (minta perhatian=egois). Pengguna yang slalu narsis dan lebay umumnya dijauhi teman-teman dunia maya. 
  3.  Usahakan dalam menulis status ataupun Komentar tulislah yang bermanfaat terutama ayat-ayat Al-Quran ataupun hadist-hadist Rasulullah yang dapat menjadi renungan bersama bagi para pengguna Facebook, terutama penulis status.
  4. Dalam bermain Facebook, sesama pengguna mestinya saling memperingatkan ketika Jadwal Sholat,  ketika sudah waktunya untuk melaksanakan sholat fardhu maupun Sunnah 
  5.  Jadikan akun fesbuk itu sebagai cermin kepribadian anda. Image tentang pribadi anda tertuang di fesbuk sehingga menjadi mereka yang belum mengenal anda, akan lebih mengenal anda dengan baik.
  6. Manfaatkan fesbuk untuk menjalin kontak minimal menegur sapa pada kawan-kawan yang jarang bisa ditemui langsung. Tidak salah kalau kita berusaha ramah untuk menjalin silahturahmi.
  7. Manfaatkan fasilitas Grup dari Facebook untuk membuat diskusi menarik atau bisa juga mengenalkan bisnis atau bidang yang sedang anda fokuskan.
  8. Hindari gaya bermain “Monitor dan Standby” karena itu tidak bermanfaat dan cenderung membuat bosan. (sayangkan bila pulsa keluar tapi tidak ada manfaatnya?). itu namanya pemborosan 
  9. Jadikanlah diri anda sebagai pengguna yang baik. Bila perlu tegurlah pengguna lain yang tidak sopan atau suka menyalahgunakan fasilitas fesbuk. Bila perlu laporkan ke admin Facebook agar Beranda aman dan menyenangkan.
Sembilan tips-tips diatas mudah mudahan bisa bermanfaat bagi para penggila Facebook, tumbuhkanlah tali silaturahmi di jejaring social ini, tetapi jangan lupa kewajiban-kewajiban kita di bulan ramadhan ini, untuk memperbanyak pahala dan memanfaatkan bulan ini dengan semaksimal mungkin, karena belum tentu kita masih bisa berjumpa bulan ramadhan tahun depan,, Dan satu yang terakhir, jangan sampai aktifitas anda di fesbuk menimbulkan masalah dengan pasangan anda maupun lingkungan kerja anda. Jadi berhati-hatilah dalam membuat status dan komentar. Hati-hati dan waspadalah… waspadalah..

Maaf  lahir batin..
Salam…


Artikel Terkait..:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar